Latar Belakang
Pada umunya data merupakan catatan atas kumpulan
fakta. Data merupakan dari bahasa latin yaitu Datum yang berarti "Sesuatu
yang diberikan". dalam kelimuan fakta dikumpulkan untuk menjadi data.
Menutut Para Ahli
Menurut The Liang Gie,
·
Hal, peristiwa atau kenyataan lainnya apapun yang mengandung sesuatu
pengetahuan untuk dijadikan dasar guna penyusunan keterangan, pembuatan
kesimpulan/penerapan keputusan.
·
Data adalah ibarat bahan mentah yang melalui pengolahan tertentu lalu
menjadi keterangan (informasi).
Tujuan Pembahasan
Kali ini penulis akan membahas tentang jenis-jenis data agar pembaca
mengerti apa saja jenis-jenis data. dan beberapa poin yang akan di bahas yaitu
:
- Data dan Struktur data
- Tipe data sederhana
- Deklarasi data dalam bahasa
pemrograman
- Pemetaan ke storage
- Organisasi logik dan fisik dari
struktur data
Pembahasan
1. Data dan Struktur data
- Definisi Data :
Data merupakan dari bahasa latin yaitu Datum yang
berarti "Sesuatu yang diberikan". dalam kelimuan fakta dikumpulkan
untuk menjadi data.
- Struktur data :
Dalam istilah ilmu komputer,
sebuah struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di
dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara
efisien.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata
letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh
pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman
yang tidak tampak oleh pengguna.
Daftar Struktur data umum
·
Larik
Larik (Bahasa Inggris: array), dalam ilmu
komputer, adalah suatu tipe data terstruktur yang dapat menyimpan banyak data
dengan suatu nama yang sama dan menempati tempat di memori yang berurutan
(kontigu) serta bertipe data sama pula.
Larik dapat diakses berdasarkan indeksnya.
Indeks larik umumnya dimulai dari 0 dan ada pula yang dimulai dari angka bukan
0. Pengaksesan larik biasanya dibuat dengan menggunakan perulangan (looping).
Contoh Larik/Array dalam bahasa pemrograman pascal
program larik;
var arr: array[1..10] of integer; //larik dengan
indeks awal 1 dan indeks akhir 10
begin
arr[1] := 5; //memasukkan nilai ke indeks 1
writeln(arr[i]); //mencetak angka 5
end.
·
Stack (Tumpukan)
Dalam ilmu komputer, stack atau tumpukan merupakan sebuah koleksi objek
yang menggunakan prinsip LIFO (Last In First Out), yaitu data yang terakhr kali
dimasukkan akan pertama kali keluar dari stack tersebut. Stack dapat
diimplementasikan sebagai representasi berkait atau kontigu (dengan tabel fix).
Ciri Stack :
* Elemen TOP (puncak) diketahui
* penisipan dan penghapusan elemen selalu dilakukan di TOP
* LIFO
Pemanfaatan Stack :
* Perhitungan ekspresi aritmatika (posfix)
* algoritma backtraking (runut balik)
* algoritma rekursif
Operasi Stack yang biasanya :
a. Push (input E : typeelmt, input/output data : stack): menambahkan sebuah
elemen ke stack
b. Pop (input/output data : stack, output E : typeelmt ) : menghapus sebuah
elemen stack
c. IsEmpty ()
d. IsFull ()
e. dan beberapas selektor yang lain
·
Pohon (Tree)

Dalam ilmu komputer, sebuah Pohon adalah suatu struktur data yang digunakan
secara luas yang menyerupai struktur pohon dengan sejumlah simpul yang
terhubung.
2. Tipe data Sederhana
Secara umum,Tipe data Sederhana
ialah data yang dapat didefinisikan dengan istilah tempat untuk menentukan
pemberian nilai terhadap suatu variabel sesuai atau tidak dengan nilai yang
diberikan oleh user. Dalam versi lain tipe data juga diartikan sebagai batasan
terhadap fungsi tanda pengenal terhadap semua nilai yang diterima.
·
Tipe Data Numeric Integer
Tipe data integer merupakan tipe data bilangan bulat
yang hanya mengenal bilangan decimal. Dimana tipe data Integer tidak mengenal
pecahan
Bentuk Umum
Var
Nil1:integer;
Begin
Nil1:=50000;
·
Tipe Data Real
Tipe data numeric real adalah tipe data dari suatu
tanda pengenal selain mengenal bilangan bulat utuh tipe data ini juga mengenal
nilai angka yang mengenal pecahan.
Bentuk Umum
Var
Nil:real;
Begin
Nil1:=21,6;
·
Tipe Data String
Tipe data string merupakan salah satu jens tipe data
selain mengenal angak disini tipe data dapat juga mengenla data berupa huruf
maupun tanda baca.
Bentuk umum
Var
Nama:string;
Begin
Nama:=’Afif’;
·
Tipe Data Char
Secara fungsi tipe data char sama dengan tipe data
string tetapi dari segi kapsitas ruang diperoleh tipe data char jauh lebih
sedikit karena hanya mengenal 1 karakter.
3. Deklarasi data dalam bahasa Pemrograman
Dalam setiap
penulisan bahasa pemograman deklarasi sangat digunakan apabila dalam penulisan
program dibutuhkan indentifier atau tanda pengenal. Indentifier pada umumnya di
buat oleh progremmmer yang digunakan untuk mewakili nilai dari suatu object.
Indentifier yang dikenal dalam Delphi adalah
label, konstanta, tipe, fungsi, procedure maupun variabel.
·
Deklarasi Konstanta
Deklarasi konstanta adalah tanda
pengenal dalam Delphi yang mempunyai nilai yang sudah tetap. Definisi konstanta
diawali dengan kata baku Const diikuti dengan kumpulan indentifier yang diberi
sebuah nilai.
Contoh
procedure TForm2.etertulisChange(Sender:
TObject);
const
nil1:='60000';
begin
end;
·
Deklarasi Variabel
Deklarasi variabel adalah tanda pengenal
dalam Delphi yang mempunyai nilai yang mana nilai tersebut akan terus berubah
selama proses berjalan. Definisi variabel diawali dengan kata baku Var diikuti
dengan kumpulan identifier yang diikuti dengan tipe data yang dibutuhkan.
Contoh
procedure
Tform4.EpraktekKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
var
praktek,nil2,nil1 :real;
begin
if (key = #13) then
begin
nil1 := strtofloat(ehtulis.Text);
praktek:= strtofloat(epraktek.Text);
nil2:= 0.4 * praktek;
ehpraktek.Text := floattostr(nil2);
form4.ActiveControl := cmi;
emurni.Text := floattostr(nil1 + nil2);
if nil1 > 60 then
egrade.Text := 'Lulus'
else
egrade.Text := 'Gagal'
end;
end;
4. Pemetaan ke Storage
Komputer merepresentasikan data dalam bentuk biner, karena setiap bit
data dalam komputer hanya dapat menyimpan dua macam keadaan, yaitu voltase
tinggi dan voltase rendah. Perbedaan voltase tersebut mewakili nilai TRUE dan
FALSE, atau bit ‘1’ dan ‘0’
Representasi Karakter dan String
Ada beberapa aturan yang digunakan untuk
menyatakan karakter dalam storage. Diantaranya adalah :
·
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code)
EBCDIC adalah suatu sistem peng-kode-an (mapping) yang menggunakan 8 binary
digit (bit) untuk menyatakan suatu karakter dalam alfabet.( 1 karakter = 8 bit
) Dalam 8 bit terdapat 28 (256) kemungkinan karakter yang dapat dibentuk.
·
ASCII ( American Standard Code For Information Interchange)
ASCII adalah cara peng-kode-an yang menggunakan 7 bit untuk menyatakan
suatu karakter dalam alfabet.( 1 karakter = 7 bit). Dalam 7 bit terdapat 27
(128) kemungkinan karakter yang
dapat dibentuk, separuh dari yang dimiliki EBCDIC.
·
BCD ( Binary Coded Decimal )
BCD ini menggunakan 4 bit untuk setiap karakternya.
·
PACKED DECIMAL
Packed Decimal umumnya digunakan untuk karakter berjenis data numerik
dengan cara penyimpanannya menggunakan 2 digit setiap 8 bit. Pada 8 bit
terakhir disimpan selain digit derajat terendah, juga tanda dari bilangan
tersebut (positif atau negatif).
Berikut ini perbandingan kode EBCDIC, ASCII dan PACKEDDECIMAL
untuk menyatakan +903.
9 0 3 +
EBCDIC : 11111001 11110000 11110011 01001110
ASCII : 0111001 0110000 0110011 0101011
PACKED DECIMAL : 10010000 00111100
·
Unicode
Unicode menggunakan 16 bit untuk merepresentasikan
karakter. Dengan demikian, banyaknya karakter yang dapat direpresentasikan
adalah 216 atau 65.536 karakter. Keunggulan Unicode dari ASCII adalah
kemampuannya untuk menyimpan simbol / karakter yang jauh lebih besar. Himpunan
256 karakter pertama dari Unicode merupakan pemetaan karakter ASCII 8 bit,
sehingga Unicode tetap kompatibel dengan ASCII. Selain merepresentasikan
seluruh karakter ASCII, Unicode dapat merepresentasikan juga berbagai macam
simbol diluar ASCII, seperti huruf Arab, Kanji, Hiragana, Katakana, dan
lain-lain.
5. Organsiasi Logic dan Fisik dari Struktur data
Sebelum era database ditandai dengan
·
Sumber data dikumpulkan dalam file-file yang tidak
terhubung satu dengan lainnya
·
Setiap aplikasi memiliki/merancang file data sendiri
·
Memiliki kelemahan: duplikasi data, ketergantungan data, kepemilikan data
tersebar
Untuk memecahkan masalah di atas dilakukan dengan cara
pengorganisasian data secara fisik dan mengarah ke organisasi logis. Organisasi
fisik (logical organization), mengintegrasikan data dari beberapa lokasi fisik
yang berbeda dan merupakan cara pemakai melihat data. Organisasi fisik
(physical organization), merupakan cara komputer melihat data sebagai file-file
yang terpisah.
Dua teknik untuk memenuhi kebutuhan integrasi logis:
1. Integrasi logis dalam satu file
o Inverted file
Suatu file yang disimpan secara urutan tertentu, dengan suatu indeks yang
menyertainya memungkinkan record-record dari file itu dipilih dalam urutan
berbeda.
o Linked list
Suatu teknik yang dapat mencapai hasil yang sama tanpa menggunakan indeks
tetapi dengan menentukan field tersendiri yang ditambahkan pada tiap record
dalam file.
2. Integrasi logis antara beberapa file
Mengunakan link untuk menghubungkan record-record dalam suatu file dengan
record yang berhubungan secara logis difile lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar